Tuesday, August 27, 2013

Jambu Bol Jamaica ( Syzygium malaccense)



Jambu Bol
Hei, teman-teman, kamu pernah makan buah jambu? Jambu air? Jambu klutuk? Kalau jambu bol? Hehehe, yah itulah aku jambu bol. Aku juga termasuk keluarga jambu , lho, masih satu famili dengan buah-buahan yang aku sebutkan tadi.
Namaku kedengaran aneh untuk bahasa daerah tertentu. Yup, bol dalam bahasa Melayu itu artinya bokong. Dinamakan seperti itu karena bentuk tubuhku lebih gendut dibandingkan saudaraku, jambu air .
Apalagi tubuhku di bagian bawah, terlihat lebih lebar, sekilas jadi mirip bokong beneran.
Berbunga Cantik
Bunga jambu bol
Cantik sekali bunga tanaman jambu bol! Foto: Wikipedia
Sepertinya namaku ini kurang enak didengar. Tapi, siapa sangka jika aku memiliki satu bagian yang indah.
Saat berbunga, aku menjadi bunga berwarna merah. Bunga itu seperti dipenuhi dengan jarum-jarum merah yang lembut.
Bunga itu tumbuh merekah membuat serangga jatuh hati padaku. Hmm, bukan hanya serangga, manusia pun tak tahan untuk memetik bungaku.
Tidak jarang pula, bungaku dijadikan hiasan di bagian ruang tamu milik mereka.
Berkhasiat untuk Kesehatan
jambu bol
Jambu bol lebih gendut dari jambu air. Foto; Kidnesia
Nah, sekarang giliran kamu melihat bagian dalam tubuhku.
Belah saja tubuhku menjadi dua bagian. Daging putih dengan biji di tengah langsung terlihat.
Tak jauh bedanya dengan jambu-jambu yang lain. Rasanya pun manis tapi terasa lebih lembut. Ingin mencicipi? Ambil saja yang kulitnya berwarna merah tua.
Orang-orang lebih mudah menemukan aku di pasar-pasar yang ada di Bogor.
O, iya, kalau kamu suka rujak, ambilah aku! Campurkan dengan bumbu rujak, hehehe. Bisa juga kamu hidangkan aku bersama asinan.
Oiya, jangan sia-siakan kulit batangku, yah. Mereka berkhasiat sebagai obat sariawan.
Sedangkan kayunya yang keras dan kemerahan cukup baik sebagai bahan bangunan, asalkan tidak kena tanah.

JUAL BIBIT TANAMAN BUAH

Okulasi dan Cangkokan tersedia dalam berbagai ukuran, kami menyediakan Bibit Pohon ini   size 50 cm - 100 cm, polibag 40 Harga Rp 50.000

 




Artikel Lain Yang Mungkin Anda Cari:



Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment