Wednesday, August 28, 2013

Menikmati Segarnya Buah Markisa


100_2769
100_2770
100_2891
Bagi sebagian orang, buah markisa mungkin jarang yang memakannya langsung atau paling tidak hanya menikmati sari buahnya yang bisa kita
beli di supermarket yang sudah dikemas dalam botolan. Saat ini saya baru merasakan buah markisa yang dipetik sendiri dari pohonnya langsung yang ditanam didepan rumah. Jenis buah markisa yang ditanam dirumah saya adalah markisa kuning atau menurut bahasa latinnya
adalah Passiflora edulis f. flavicarpa Degner. Karena selain markisa kuning ada juga markisa ungu (Passiflora edulis f. edulis Sims). Diantara kedua jenis markisa tersebut, markisa kuning itu memiliki rasa yang sangat asam ketimbang markisa ungu yang memiliki rasa yang manis.
Setelah saya mecoba buah pertama yang dipetik dari pohon markisa dan langsung saya seduh dalam sebuah gelas, memang rasanya asam sekali
kalau nggak di tambahkan sedikit gula. Menurut saya ini sangat cocok sekali bagi mereka yang membutuhkan asupan vitamin C yang tinggi, karena menurut beberapa sumber yang saya baca pun memang memberikan keterangan seperti itu terutama sangat bermanfaat bagi mereka yang sedang sariawan, flu atau lainnya. Kebetulan ketika saya meminum sari buah markisa ini cuaca lumayan cerah sehingga menambah rasa segar ketika saya meminumnya…:D
Menurut beberapa sumber, katanya buah markisa ini bukan buah asli Indonesia alias aslinya berasal dari luar (Amerika Selatan) dan cocok ditanam pada daerah yang beriklaim tropis termasuk di Indonesia…(makanya bisa tumbuah subur dirumahku…hehe).
So..bagi anda yang berminat menanamnya coba saja cari benihnya (biasanya dari biji), kemudian sediakan lahan yang tidak usah terlalu luas kemudian buat tiang-tiang dari bambu yang nantinya akan dilalui oleh pohon markisa tersebut. Sebetulnya pohon markisa yang tumbuh didepan rumahku itu tadinya mau dipindahkan karena masih berada dalam pot kecil, eh ternyata keburu menjalar dan berbuah jadinya dibiarkan apa adanya….:D
Sekali lagi bagi anda yang memiliki lahan sempit pun jangan berkecil hati, itu bisa kita manfaatkan untuk menanam sesuatu yang bermanfaat termasuk menanam pohon markisa yang nantinya bisa kita petik hasilnya.
Selamat mencoba dan rasakan kesegarannya serta kebanggaan ketika kita memetik buah hasil tanam sendiri.
Wassalam…semoga bermanfaat.

JUAL BIBIT TANAMAN BUAH

Okulasi dan Cangkokan tersedia dalam berbagai ukuran. Kami menyediakan Bibit Tanaman size 50 cm - 100 cm, polibag 40 Harga Rp 50.000

 




Artikel Lain Yang Mungkin Anda Cari:



Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment